Jumat, 27 Juli 2012

Skenario Penyelamatan Paus


Skenario penyelamatan paus (Rizki/ detikcom)
Jakarta Air pasang akan dimanfaatkan oleh para penyelamat Paus untuk melakukan evakuasi. Sebuah skenario sudah disiapkan supaya mamalia laut terbesar ini bisa kembali berenang bebas di lautan.

"Skenario ada 4 perahu nelayan yang digunakan. Masing-masing 2 di sisi kanan dan kiri paus. Dipergunakan seolah-olah sebagai pelampung paus," jelas Kapolsek Pakis Jaya AKP Abdul Kodir di lokasi Tanjung Pakis, Jumat (27/7/2012).

Sebuah tali tambang disusupkan lewat tubuh paus yang sebagian terjebak di pasir. Ujung-ujung tali diikatkan ke kapal nelayan tersebut.

Setelah ketinggian air dianggap memungkinkan, kapal nelayan akan menarik tambang ke arah yang berlawanan. Tali tambang yang menegang akan membuat tubuh paus terangkat lalu segera ditarik kapal tug boat ke arah laut bebas.

"Nanti ada tali tambang di bawah badan paus untuk mengapungkan paus lagi. Jadi ketika 4 perahu mendorong, ada 1 tug boat narik," jelas Abdul Kodir yang juga bertugas sebagai koordinator tim darat penyelamatan.

Abdul Kodir berharap rencana ini berhasil. Sebab jika cara ini gagal belum ada alternatif lain yang bisa menyelamatkan paus malang ini dari maut.

"Coba aja semaksimal mungkin hari ini. Tidak ada plan A atau plan B. Pokoknya bagaimana caranya kita harus bisa sore ini. Karena kalau nggak bisa pausnya belum tentu hidup besok," harapnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar