Kamis, 19 Juli 2012

Lewat Facebook Pertemukan Ibu-Anak Yang Terpisah Setengah Abad



Stephanie Phillips, kanan, menggunakan situs jejaring sosial Facebook untuk melacak ibunya Joan Wehrmeyer, kiri, yang terakhir ada bersamanya ketika ia masih bayi pada tahun 1960-an.
DEERFIELD BEACH— Facebook membuktikan kekuatannya untuk menghubungkan orang-orang ketika situs jejaring sosial itu membantu menyatukan kembali seorang ibu dengan putrinya yang telah terpisah selama hampir setengah abad.

Stephanie Phillips menggunakan Facebook untuk melacak ibunya, Joan Wehrmeyer. Ia telah berpisah dengan ibunya saat masih bayi pada tahun 1960-an. Mereka berdua berbagi pelukan emosional ketika akhirnya bertemu di Restoran Two Georges di Deerfield Beach, Amerika Serikat, Selasa lalu; kurang dari sebulan setelah keduanya terhubung kembali melalui Facebook, lapor Mail Online, Kamis kemarin.

Wehrmeyer, yang punya nama gadis Courchene, berusia 17 tahun ketika menikah dengan Richard Botwin. Stephanie pun lahir tak lama setelah itu. Namun, karena sering bertengkar dengan keluarga suaminya, Wehrmeyer mengatakan kepada jaringan berita CBS4 bahwa dia merasa tak punya pilihan selain pergi. Ia meninggalkan putrinya dalam perawatan Botwin.

Stephanie terus tinggal bersama ayahnya di New Jersey, sementara ibunya, yang kini berusia 67 tahun, pindah ke South Florida dan menikah lagi. Ibunya kemudian melahirkan seorang anak dan seorang lagi hasil adopsi. Dia sekarang tinggal di Coral Springs.

Stephanie, sekarang 48 tahun, tinggal di Waynesburg, Pennsylvania. Ia menjelaskan bahwa bertemu ibunya merupakan mimpi yang menjadi kenyataan. Dia berkata, "Ketika saya tumbuh dewasa, saya tak pernah diizinkan untuk mengajukan pertanyaan (tentang ibu saya). Ini merupakan subyek yang benar-benar tabu."

Stephanie telah berusaha mencari ibunya bersama Rodney, suaminya, beberapa kali selama bertahun-tahun. Walau gagal melacak keberadaan ibunya, mereka berdua tidak mau menyerah.

Rodney membesarkan hati istrinya yang putus asa dengan mengatakan bahwa mereka akan menemukan ibu Stephanie. Kesempatan itu datang ketika Stephanie menemukan nama gadis ibu, usia, dan dari mana ibunya berasal ketika merawat bibinya yang sakit.

Ia lalu melacak ibunya via Facebook. Untungnya Wehrmeyer menggunakan nama gadisnya ketika membuat profil di Facebook dan Rodney bisa terhubung dengannya. Setelah mengirim sejumlah pesan melalui situs itu, pasangan tersebut akhirnya mendapat balasan pada 18 Juni. Wehrmeyer membenarkan bahwa dia adalah ibu dari Stephanie.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar